Rabu, 15 April 2009

Pendidikan Informal 4

Rumah Belajar

Bait Al Hikmah yang berdiri pada tanggal 16 Februari 2005 merupakan pusat kegiatan belajar mengajar bebas biaya, hasil kerja sama antara Yasmin dan Yayasan Tunas Bangsa yang khusus dirancang sebagai sentra pendidikan informal bagi siswa yang berasal dari keluarga kurang beruntung.

Kami memprediksi bahwa tantangan kehidupan di masa mendatang akan semakin berat, apalagi bagi saudara kita keluarga kurang mampu yang terkadang terkendala untuk memperoleh pendidikan yang memadai.

Rumah Belajar Bait Al Hikmah yang berdiri pada tanggal 16 Februari 2005 merupakan pusat kegiatan belajar mengajar bebas biaya, hasil kerja sama antara Yasmin dan Yayasan Tunas Bangsa yang khusus dirancang sebagai sentra pendidikan informal bagi siswa yang berasal dari keluarga kurang beruntung.

Kami memprediksi bahwa tantangan kehidupan di masa mendatang akan semakin berat, apalagi bagi saudara kita keluarga kurang mampu yang terkadang terkendala untuk memperoleh pendidikan yang memadai. Melihat fenomena diatas, Rumah Belajar Bait Al Hikmah berusaha tampil untuk mengisi kekosongan tersebut dengan harapan keluarga kurang beruntung mendapatkan porsi yang sama dengan keluarga beruntung dalam bidang pendidikan.

Rumah Belajar Bait Al Hikmah didesain sedemikian rupa sehingga mampu memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat. Materi pembelajaran yang berlangsung di Bait Al Hikmah ditekankan pada kebutuhan siswa terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi, kebahasaan, keterampilan dan akhla karimah.

Meski merupakan kegiatan belajar informal, Rumah Belajar Bait Al Hikmah dikelola dengan penuh dedikasi, sehingga para siswa dapat menjelma menjadi generasi unggul yang ditandai dengan peningkatan kemampuan, baik dari sisi informasi, intelektual, kemampuan berkomunikasi dan sosialisasi, terampil serta berbudi pekerti. Saat ini anggota Rumah Belajar Bait Al Hikmah sebanyak 600 siswa, adapun siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan berjumlah 300 siswa.

Adapun siswa yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan Rumah Belajar, bagi mereka telah disediakan buku-buku perpustakaan. Hal ini dilakukan mengingat tempat dan fasilitas yang dimiliki cukup terbatas.

Tenaga pengajar Rumah Belajar Bait Al Hikmah terdiri dari alumni dan mahasiswa perguruan tinggi yang kompeten di bidangnya, saat ini berjumlah 17 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar